Jumat, 21 Januari 2022

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

Goinvestasi.id - Bisnis olahan tahu memang dapat menjanjikan, karena dipandang sebagai produk yang mudah laku bagi semua kalangan. 

Jadi tidak heran, jika banyak pelaku usaha UKM maupun kuliner, yang secara perlahan mulai mengembangkannya.

Baca Juga : 10 Kriteria Asuransi Kesehatan yang Baik dan Manfaatnya

Dengan sedikit inovasi, olahan tahu yang awalnya sangat sederhana, telah berubah menjadi makanan kekinian yang sangat menguntungkan. 

Beberapa pengusaha kuliner di Indonesia, bahkan berhasil memperkenalkan makanan berbahan dasar kedelai ini ke pasar internasional.

Walaupun olahan tahu hanya membutuhkan modal kecil, namun perlu tips tertentu dalam mengembangkannya, hingga menjadi bisnis yang menguntungkan. 

12 Ide Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan

Berikut adalah beberapa olahan tahu kekinian, yang memiliki potensi bisnis menguntungkan walau hanya dengan modal kecil.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

1. Tahu Crispy

Tahu crispy merupakan olahan tahu yang dibungkus oleh tepung. Sensasi gurih dan renyah yang dimilikinya, ternyata banyak disukai oleh banyak orang. 

Makanan kekinian ini, disajikan dengan berbagai taburan bumbu dengan berbagai rasa. Diantaranya seperti rasa jagung bakar, barbeque, balado pedas, keju, dan varian rasa lainnya. 

Selain memiliki rasa yang lezat, makanan ringan ini juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan, karena modalnya yang kecil. 

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

2. Tahu Walik

Olahan tahu berikutnya adalah tahu walik yang lezat. Tahu goreng ini diolah secara unik, yaitu dengan membalik kulitnya setelah dikosongkan terlebih dahulu. 

Kemudian, tahu diisi dengan daging ayam yang sudah tercampur dengan bumbu dan tepung. Biasanya, dihidangkan dengan berbagai macam saus kacang, maupun pedas manis. 

Jajanan ini banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha UKM, karena dianggap sebagai bisnis menguntungkan yang cukup mudah pemasarannya.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

3. Stik Tahu

Camilan yang terbuat dari olahan tahu ini berbentuk stik, dan memiliki citarasa yang renyah dan gurih saat di santap. 

Campurannya sendiri, terdiri dari tahu halus, bumbu, telur dan tepung yang lembut. Rasanya sangat lezat, apalagi setelah dicocol dengan saus cabai yang pedas. 

Karena bahan-bakunya terbilang murah, membuat penganan ini berpotensi menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

4. Keripik Tahu

Keripik tahu adalah olahan tahu yang dapat menjadi ide bisnis menguntungkan. Selain karena modalnya yang kecil, cara mengembangkannya pun cukup mudah. 

Karena dapat dijual dalam bentuk kemasan, sehingga pemasarannya dapat menjadi lebih luas.

Kelebihan lain dari keripik tahu, adalah kerenyahannya yang sensasional, bercampur dengan dengan bumbu tabur aneka rasa. Cemilan ini juga tahan lama, dan dapat disimpan selama berbulan-bulan. 

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

5. Tahu Bakso

Olahan tahu bakso merupakan salah satu penganan yang paling banyak dicari. 

Dan cara penyajiannya pun bisa bermacam-macam, baik dengan saus sambal maupun sebagai pelengkap saat menyantapnya di penjual bakso.

Selain itu, tahu bakso juga dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan, karena modalnya yang kecil, namun memiliki pasar yang luas. 

Sehingga, untuk mengembangkannya menjadi sangat mudah, karena dapat dipasarkan ke seluruh lapisan masyarakat.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

6. Nugget Tahu

Nugget tahu termasuk sebagai makanan olahan tahu yang dibekukan. 

Rasanya yang lezat, tidak hanya disukai oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Dari segi harga, pastinya lebih murah dari nugget ayam saingannya.

Karena merupakan makanan beku, maka dapat dijual hingga ke pasar modern seperti supermarket maupun usaha reseller.  

Melihat peluang bisnis ini, pastinya dapat menguntungkan para pengusaha kuliner maupun UKM.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

7. Pancake Tahu 

Jika bagi masyarakat negara barat pancake dibuat dari campuran tepung, maka di Indonesia pancake dapat dibuat dengan menggunakan olahan tahu. 

Selain lebih sehat, harganyanya pun menjadi lebih murah. 

Karena belum terlalu populer, maka dapat menjadi ide bisnis inovatif yang menguntungkan. Terutama, bagi pengusaha kuliner professional maupun usaha rumahan.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

8. Hiyayakko 

Makanan dengan bahan dasar olahan tahu mentah ini, biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Walaupun masih terasa asing bagi umumnya lidah orang Indonesia, namun tidak begitu halnya dengan para pecinta masakan Jepang.

Untuk membuat hiyayakko, maka akan dibutuhkan tahu sutera dingin, yang ditambahkan dengan potongan daun bawang dan kecap asin. 

Ide bisnis ini termasuk dapat menguntungkan, karena modalnya yang tidak besar. 

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

9. Tahu Bulat

Olahan tahu yang berbentuk bulat ini, memiliki rasa gurih dengan harga yang terjangkau. Selain itu, juga digemari oleh seluruh kalangan usia, baik muda maupun yang sudah dewasa. 

Karena sudah memiliki pangsa pasar yang luas, sehingga menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Untuk strategi pemasarannya juga memiliki pilihan yang beragam. 

Baik dengan cara membuka gerai, kuliner rumahan, maupun dengan menggunakan mobil keliling.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

10. Tahu Katsu 

Jika katsu umumnya menggunakan bahan dasar ayam, maka inovasi terbarunya adalah dengan menggunakan olahan tahu. Selain itu, makanan khas Jepang ini juga kaya protein dan rendah kalori. 

Karena banyak disukai oleh para vegetarian, maka dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, terutama bagi para pengusaha kuliner.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

11. Tahu Pletok

Tahu pletok merupakan jenis kudapan gorengan renyah yang berasal dari Tegal. 

Adapun bahan dasarnya, terbuat dari kulit olahan tahu yang dibelah lebar, dan ditambah dengan adonan aci yang telah dibumbui.

Walaupun tahu pletok berasal dari Tegal, namun para pengusaha dapat mengembangkan peluang bisnis ini ke wilayah yang lebih luas lagi. Baik itu sebagai usaha rumahan, UKM maupun kuliner.

12 Bisnis Olahan Tahu Menguntungkan, Beserta Tips Mengembangkannya

12. Tahu Mercon

Tahu mercon, merupakan salah satu makanan dari olahan tahu kekinian yang cukup populer, terutama bagi pecinta makanan pedas. 

Karena, isi dari tahu goreng tepung ini merupakan sambal yang dapat membuat ketagihan.

Mayoritas penggemar dari tahu mercon, biasanya menyantap sebagai sebagai lauk maupun kudapan ringan. Sehingga, sangat ideal bagi pengusaha kuliner muda, yang sedang mencari ide peluang bisnis.

Tips Mengembangkan Bisnis Olahan Tahu Agar Menguntungkan

Salah satu tips dalam mengembangkan bisnis olahan tahu agar menguntungkan, adalah inovasi dan kreativitas. 

Sehingga, dapat  tetap bersaing dengan kompetitor yang memiliki  produk yang sama. Namun untuk lebih lengkapnya, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Buatlah Varian Rasa Yang Berbeda Dengan Kompetitor

Sebagai tips pertama, usahakan untuk membuat varian rasa olahan tahu yang berbeda dengan kompetitor. Sebagai contoh, jika kompetitor memproduksi rasa asin dan pedas, maka tidak ada salahnya menambahkan keju maupun sayuran sebagai varian baru.

2. Buat Kemasan Yang Menarik Sebagai Media Branding

Tips berikutnya adalah agar membuat dengan membuat kemasan pembungkus yang unik dan menarik. Selain itu, juga dapat berfungsi sebagai media branding yang efektif 

3. Rajin Melakukan Inovasi

Jangan lupa, untuk selalu rajin melakukan inovasi, baik dalam segi resep maupun bentuknya, sehingga akan selalu terlihat baru dan unik. 

Selain itu, mengembangkan bisnis dengan cara inovasi tergolong dapat menguntungkan pengusaha.

Karena, dapat berfungsi sebagai strategi pemasaran, agar customer dapat selalu tertarik dengan kreasi makanan terbaru. Walaupun sebenarnya, bahan dasarnya tetaplah olahan tahu yang sama.

4. Pastikan Untuk Selalu Menjaga Kualitas Makanan Dan Bahan Baku

Dengan selalu menjaga kualitas olahan tahu dan bahan bakunya, dapat memberikan dampak yang baik terhadap pemasaran, dan juga kepuasan pelanggan. 

5. Selalu Jaga Kebersihan Produk

Jagalah selalu kebersihan produk olahan tahu yang dijual, dari mulai proses pengolahan hingga kemasan yang digunakan. 

Jika ingin mengembangkannya ke pasar yang lebih luas seperti pasar modern, pastikan tempat penyimpanannya tidak berbau atau kotor.

6. Mengatur Keuangan Secara Teliti

Dalam setiap bisnis maupun usaha, mengatur keuangan secara teliti, adalah hal yang sangat penting. Terlebih lagi, jika berencana ingin mengembangkan usaha agar lebih menguntungkan. 

Salah satunya adalah, mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan secara rinci. 

Demikianlah artikel tentang 12 bisnis olahan tahu menguntungkan, beserta tips mengembangkannya. Semoga dapat bermanfaat, bagi yang sedang mencari peluang usaha UKM maupun kuliner.

0 Comment

Posting Komentar