Sabtu, 15 Januari 2022

5 Produk Asuransi Yang Dibutuhkan Milenial

5 Produk Asuransi Yang Dibutuhkan Milenial

Goinvestasi.id - Ada 5 produk asuransi, yang sebaiknya dimiliki oleh kalangan milenial. Pasalnya, kalangan ini masih termasuk dalam usia produktif.

Sehingga beban preminya menjadi ringan, namun bisa mendapat nilai pertanggungan yang besar. Adapun manfaat serta produk asuransi yang dibutuhkan milenial sejak dini, adalah sebagai berikut:

Proteksi Diri dan Keluarga

Kalangan milenial merupakan golongan dengan resiko kematian dan terkena penyakit kritis yang rendah. 

Namun saat memasuki usia 55 tahun, kalangan ini akan mempersiapkan diri untuk menjadi kalangan tidak produktif lagi di kemudian hari. 

Dan salah satu upaya untuk menjaga diri beserta keluarga, adalah dengan cara memiliki produk asuransi. 

Manfaat yang dapat dirasakan dari asuransi banyak sekali macamnya. Misalnya seperti perlindungan terhadap penyakit kritis, rawat inap, hingga meninggal dunia.

Perlindungan Diri Dari Kehilangan Harta

Saat memasuki usia senja, secara teori setiap orang akan rentan terhadap penyakit, sehingga  membutuhkan biaya yang besar. 

Dan jika tidak terlindungi oleh asuransi, sangat berpotensi akan mengalami kehilangan harta benda, karena harus menutupi  biaya tersebut.

Dan biaya rata-rata untuk perawatan kesehatan, setidaknya akan mengalami kenaikan minimal 10 persen setiap tahunnya..

Sebagai Investasi

Selain sebagai perlindungan diri dan keluarga, asuransi juga dapat berfungsi sebagai  investasi, yang dapat menghasilkan keuntungan di masa depan.

Mengenal Istilah Dalam Produk Asuransi

Sebelum mengenal lebih jauh tentang beberapa produk asuransi yang dibutuhkan milenial, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dulu istilah-istilahnya. 

Hal ini sangat penting, jika akan merencanakan memiliki asuransi yang dibutuhkan.

Polis 

Polis adalah suatu kontrak perjanjian, yang menjelaskan tentang segala hak dan kewajiban pihak asuransi, selama masih berjalan dan aktif.

Premi

Premi merupakan jumlah pembayaran yang harus dibayarkan pada pada pihak asuransi.

Klaim

Klaim adalah proses pencairan dana bagi pemegang polis, yang didapatkan sesuai dengan perjanjian yang terdapat di dalam kontrak atau polis.

Secara garis besar dapat dijelaskan, bahwa pemegang polis akan mendapatkan polis dan melakukan pembayaran premi.

Setelah membeli produk asuransi. Sedangkan klaim dapat dilakukan, apabila terjadi peristiwa yang merugikan pemegang polis.

Produk Asuransi

Paling tidak, ada tiga jenis produk asuransi yang akan dibutuhkan kalangan milenial. Produknya sendiri, merupakan asuransi kesehatan, asuransi jiwa  dan kendaraan. 

Namun, pilihan ini bukanlah sesuatu yang mutlak, karena dapat disesuaikan dengan kebutuhannya,

1. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi kesehatan, merupakan salah satunya yang akan dibutuhkan milenial. 

Pasalnya, perlindungan terhadap kesehatan harus selalu dijaga selama manusia hidup, dan harganya juga akan mengalami kenaikan setiap tahun.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, beban biaya dapat tertanggulangi, dan akan menjadi investasi, ketika sedang dalam keadaan tidak bekerja.

Adapun jenis perlindungan yang dapat ditawarkan oleh asuransi ini, berupa perlindungan untuk rawat jalan, rawat inap, dan tindakan lain. 

Selain itu, asuransi kesehatan juga dapat memberikan santunan maupun pertanggungan jika meninggal dunia.

2. Asuransi Jiwa

Produk asuransi jiwa  juga termasuk yang wajib dimiliki, terutama oleh kalangan milenial yang sudah berkeluarga. 

Alasan lain adalah, dapat berfungsi sebagai perlindungan saat meninggal dunia, dan memberikan pertanggungan kepada ahli warisnya

Nilai dari pertanggungannya terbilang besar, yang umumnya rata-rata adalah Rp. 300 - Rp. 500 juta.

Uang tersebut sangat berguna bagi ahli waris, baik untuk kepentingan biaya pendidikan maupun keperluan lainnya. 

Periode pembayaran premi dari asuransi jiwa, biasanya memiliki rentang antara  5 hingga 20 tahun kedepan, dan dengan pertanggungan seumur hidup.

3. Asuransi Kendaraan

Jenis dari produk asuransi kendaraan, merupakan asuransi yang dapat memberikan ganti rugi seperti kerusakan hingga kehilangan.

Pada umumnya, ada dua jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh pihak asuransi, yaitu total loss dan all risk. Adapun perbedaan dari keduanya adalah, sebagai berikut:

Total Loss

Total loss merupakan produk asuransi kendaraan, yang memberikan perlindungan kerusakan besar, atau lebih besar dari 75% dari harga kendaraan.

Selain itu, asuransi ini juga memberikan penggantian akan kehilangan.

All Risk

Sedangkan all risk ,memberikan perlindungan terhadap semua jenis kerusakan pada kendaraan, baik skala kecil maupun besar.

Bagi kalangan milenial yang umumnya berdomisili di perkotaan, kendaraan sudah menjadi suatu kebutuhan. Sehingga, asuransi kendaraan menjadi termasuk yang dibutuhkan oleh mereka.

Adapun perhitungan dari premi untuk setiap perusahaan asuransi kendaraan bisa saja berbeda-beda. Namun, biasanya ada di kisaran angka 2% dari harga beli kendaraan, dan dibayarkan tahunan.

4. Asuransi Perjalanan

Untuk asuransi perjalanan ini, pada akhirnya akan dibutuhkan milenial, mengingat umumnya mereka adalah generasi yang suka bepergian. 

Baik itu untuk keperluan pribadi, wisata, maupun perjalanan bisnis.

Produk asuransi perjalanan, juga dapat memberikan proteksi semacam ganti rugi, terhadap kecelakaan, keterlambatan, maupun pembatalan pesawat. 

Namun yang terpenting, asuransi  ini memberikan pertanggungan akibat kematian karena kecelakaan.

Selain itu, manfaat lain yang dapat diberikan adalah berupa perlindungan medis, hingga bantuan darurat, kunjungan dan perawatan. 

5. Asuransi Properti

Salah satu ciri dari kalangan milenial adalah, mereka terkenal mandiri. Sehingga, tidak heran jika banyak yang sudah dapat memiliki properti sendiri sejak muda. 

Namun, tetaplah berpikir panjang, untuk melindunginya dengan asuransi properti.

Pasalnya, produk asuransi ini dapat melindungi properti dari berbagai resiko, yang diantaranya seperti huru-hara, kebakaran, hingga bencana alam.

Demikian sedikit informasi tentang 5 produk asuransi yang dibutuhkan milenial muda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, bagi yang sedang membutuhkan informasi tentang asuransi. 

Jangan lupa juga, untuk selalu memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

0 Comment

Posting Komentar