Digital Marketing Untuk Bisnis Kecil Beserta Manfaat, Kebutuhan, Tipsnya

Goinvestasi.id – Digital marketing adalah salah media pemasaran online, baik melalui media sosial, maupun media lain yang terhubung dengan internet. 

Adapun tujuannya, adalah untuk mendatangkan traffic customer, dengan jangkauan yang lebih luas secara cepat.

Selain lebih murah, manfaat lainnya dapat membuat strategi pemasaran menjadi lebih efektif, dan menyesuaikan target market dengan produk yang dijual. 

Oleh karena itu, digital marketing dapat menjadi kunci dari kesuksesan, baik untuk bisnis kecil maupun besar. 

Terlebih lagi, pemasaran secara digital menyediakan report berdasarkan data, yang hasilnya dapat dievaluasi setiap saat.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis Kecil

Dalam pengoperasiannya, digital marketing akan selalu menggunakan search engine optimization (SEO), agar mudah ditemukan di mesin pencarian. 

Selain itu, juga dapat menggunakan adsense atau iklan di media sosial, Google, dan email marketing.

Namun, semua media digital tersebut pastinya memiliki manfaat, baik untuk bisnis kecil, menengah maupun besar. 

Adapun beberapa manfaat tersebut, akan diulas pada penjelasan berikut ini.  

1. Mengundang Trafik Pengunjung

Internet adalah suatu wadah, yang dapat berfungsi untuk mengundang pengunjung. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat dunia sudah menggunakannya. 

Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri, bagi pemilik bisnis kecil maupun besar.

Selain tidak membutuhkan biaya yang besar dalam promosi, trafik pengunjungnya pun cukup  banyak. 

Hanya dalam waktu singkat, informasi yang ingin disampaikan melalui media digital dapat langsung diketahui.

Manfaat lainnya adalah, dengan menggunakan platform digital marketing, pelaku usaha dapat mengundang trafik hingga ke seluruh dunia.

2. Mengoptimalkan Penjualan

Salah satu manfaat dari digital marketing adalah, melakukan promosi melalui iklan atau adsense, untuk mengoptimalkan penjualan. 

Pasalnya, seluruh lapisan masyarakat dari berbagai negara dapat menjangkau iklan tersebut.

Dan transaksi penjualan yang terjadi di setiap platform, secara tidak langsung telah berhasil mendatangkan keuntungan.

3. Menghemat Biaya Promosi 

Para pemilik bisnis kecil sekalipun, biasanya memiliki anggaran untuk promosi. 

Namun yang pasti, mereka harus bersikap cerdas untuk memaksimalkannya, agar dapat kembali dalam bentuk keuntungan.

Dengan menggunakan sarana digital marketing, banyak sekali biaya promosi yang dapat ditekan. 

Karena semua adsense media sosial maupun Google, harganya lebih murah dari iklan konvensional apapun. 

4. Pelayanan Yang Cepat

Manfaat lain yang dimiliki digital marketing adalah fasilitas chat. Fitur tersebut, sangat berguna sebagai alat komunikasi antara customer dan customer service. 

Sehingga, segala bentuk pertanyaan dapat direspon dengan cepat. 

Customer service yang cepat tanggap, merupakan faktor penting dalam suatu usaha. Baik itu bisnis kecil, maupun bisnis besar.

5. Memenangkan Persaingan Bisnis

Setiap kompetitor pasti akan selalu berusaha, untuk dapat memenangkan persaingan. Dan untuk menyikapi hal tersebut.

Strateginya dengan membuat pengunjung tertarik, agar mau melihat produk yang ditawarkan.

Jika penerapan konsep digital marketing dilakukan dengan tepat, hasilnya dapat terlihat dari kenaikan jumlah pengunjung dan produk yang terjual.  

Dan salah satu contoh dari penerapan strategi yang tepat tersebut, adalah dengan menargetkan pengunjung berdasarkan profilnya. 

Sehingga, iklan yang dipasang juga akan mengikuti profil dari pengunjung tersebut. Baik berdasarkan usia, profesi, dan lain-lain.

Jika kompetitor melakukan strategi yang sama, ikuti terus pergerakannya di media sosial, atau dengan menggunakan SEO. 

Bisnis kecil sekalipun dapat menjadi besar, jika dapat memanfaatkan peluang, melalui strategi tepat sasaran, serta promosi online secara berkala.

Kebutuhan Digital Marketing

Persiapkan beberapa hal di bawah ini, saat mempersiapkan kebutuhan digital marketing. Terutama, yang masuk dalam kategori bisnis kecil

1. Aset Platform Digital

Aset platform digital, sebenarnya adalah wadah untuk menjual produk secara online, dan juga sebagai tempat untuk berpromosi.

Bentuknya sendiri, bisa berupa toko online, website, media sosial  dan juga Whatsapp Business. 

Dalam digital marketing, kebutuhan aset ini sangatlah penting. Terutama dalam sisi branding, dengan tujuan untuk memperkenalkan produk dan toko.

2. Program Promosi 

Setelah mempersiapkan aset, langkah berikutnya adalah membuat program promosi yang akan dijalankan. 

Sebaiknya, tentukan dahulu aset apa yang akan dioptimalkan, agar tetap efektif dalam mengupayakan kenaikan jumlah pengunjung dan penjualan.

3. Buat Program Campaign Berdasarkan Platform

Saat membuat program untuk campaign secara online, sebaiknya rencanakan juga kontennya, agar tetap dapat selaras. 

Selain itu, tentukan juga platform digital marketing yang akan dipakai, agar sesuai dengan target market yang ingin dicapai.

Kebutuhan tersebut perlu dipikirkan, mengingat setiap platform memiliki profil pengguna yang berbeda. 

Sebagai contoh, Instagram merupakan platform yang lebih menggunakan konten visual. Sehingga, profil penggunanya pasti lebih menyukai foto dan video yang Instagramable.

Namun lain halnya, dengan platform media sosial lainnya, seperti Facebook, TikTok, Twitter, dan media digital lainnya.

Biaya

Digital marketing akan selalu membutuhkan biaya, terutama saat melakukan adsense atau iklan di berbagai platform media sosial. 

Meskipun begitu, alokasikan dana pada tempatnya, agar tetap sesuai dengan budget yang ada.

Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kecil

Agar digital marketing tetap efektif dalam mendorong penjualan, ada beberapa tips yang dapat menjadi panduan.

1. Melakukan Riset Pesaing

Setiap bisnis selalu memiliki kompetitor, termasuk bisnis kecil sekalipun. Walaupun telah menerapkan inovasi terbaru, namun akan selalu ada pesaingnya. 

Oleh karena itu, rajinlah melakukan riset akan aktivitas yang dilakukan para kompetitor. 

Terutama, yang menyangkut produk, campaign dan promosi digital marketing, serta segmentasi pasar yang dilakukan. 

Selain itu, kenali juga kelebihan dan kekurangan mereka, melalui website dan media sosialnya.

2. Mengoptimalkan Konten Website

Bagi setiap produk yang dijual secara online, fungsi website adalah sebagai etalase toko. Sehingga, konten di dalamnya akan terus mengalami optimasi. 

Hal tersebut, memang merupakan salah satu dari strategi digital marketing yang jitu.

Selain itu, tidak ada salahnya juga menyertakan semacam artikel dalam website tersebut. Kontennya sendiri, bisa merupakan review tentang salah satu produk yang dijual. 

Atau, bisa juga mengetengahkan tema lain, seperti tips cara mengelola bisnis kecil agar menjadi optimal. 

Walaupun tidak berhubungan dengan produk secara langsung, namun dapat menjadi informasi berguna. Selain itu, juga dapat memperluas target pengunjung yang masuk. 

3. Gunakan Search Engine Optimization (SEO)

Menggunakan SEO untuk website adalah wajib hukumnya, agar mudah ditemukan di mesin pencarian Google. 

Dan jika mudah ditemukan, besar kemungkinan website akan selalu berada di posisi teratas, walaupun bisnis kecil sekalipun. Jadi, jangan lupa  untuk melakukan tips ini ya.

4. Tampilan Visual Profesional

Tips berikutnya, buatlah suatu konten dengan tampilan visual yang terlihat profesional. Salah satunya, dengan menggunakan foto maupun video yang jernih dan berkualitas. Faktor ini sangat penting, sebagai upaya dalam menarik pengunjung.

5. Gunakan Platform Yang Paling Efektif

Walaupun digital marketing memberikan pilihan untuk dapat menggunakan berbagai macam platform, sebaiknya pilihlah yang paling efektif saja. 

Baik itu berupa media sosial, blog, maupun email. 

Sesuaikan pilihan tersebut, dengan target market yang ingin dijangkau. Sehingga hasilnya dapat menjadi lebih efektif, daripada memilih banyak platform tapi tidak optimal.

Nah, demikianlah ulasan tentang digital marketing untuk bisnis kecil, beserta manfaat, kebutuhan dan tipsnya. 

Semoga informasi ini dapat berguna, bagi pembaca yang sedang belajar tentang digital marketing.

Sumber Foto : www.pixabay.com