10 Asuransi Syariah Terbaik Bebas Riba

10 Asuransi Syariah Terbaik Bebas Riba

Goinvestasi.id - Asuransi Syariah terbaik yang bebas riba, saat ini sedang naik kepopulerannya, sehingga membuat banyak perusahaan asuransi mulai memasarkan produk ini.

Selain karena sesuai dengan syariat Islam, Asuransi Syariah juga terbilang lebih aman, karena berjalan sesuai kaidah tolong menolong dan melindungi. 

Dana yang dipakai untuk kegiatan mulia tersebut dikumpulkan melalui dana anggota, yang memang dikelola untuk mengantisipasi jika terjadi resiko.

Rekomendasi Asuransi Syariah Terbaik 

Pasar Asuransi Syariah, awalnya lebih banyak dijalankan oleh berbagai lembaga keuangan berbasis Islami. 

Namun saat ini, sudah banyak perusahaan asuransi non Islami, yang ikut menawarkan produk Asuransi Syariah.

1. Takaful Syariah

Takaful merupakan Asuransi Syariah terbaik bebas riba, dan juga sebagai perintis yang memulai bisnis asuransi di Indonesia.

Tidak heran, jika Takaful sempat merebut gelar Asuransi Syariah terbaik, dari majalah bisnis terkenal selama empat tahun berturut-turut.

Penggunaan metode Syariat Islam dari asuransi ini sangat terjamin, karena berada di bawah Dewan Pengawas Syariat Nasional Indonesia.

Salah satu produknya adalah Fulnadi, yang merupakan Asuransi Syariah untuk pendidikan masa depan. Selain itu, juga menanggung biaya kesehatan dan perawatan pesertanya.

2. AXA Mandiri

Axa Mandiri adalah perusahaan asuransi, yang terbentuk dari hasil penggabungan antara AXA dan Bank Mandiri.

Meskipun AXA Mandiri bukanlah perusahaan asuransi yang berbasis Syariah murni, namun dianggap telah memenuhi syarat sebagai Asuransi Syariah terbaik.

Produk Syariah terbaik bebas riba dari asuransi in, diantaranya adalah Mandiri Elite Plan Syariah, dan Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah.

3. Astra

Meskipun pada awalnya Astra adalah perusahaan yang lebih dikenal sebagai perusahaan otomotif terbesar di Indonesia.

Namun sejak tahun 2015, Astra mulai mendirikan Asuransi Syariah Astra, yang konsepnya adalah bebas dari riba.

Beberapa produk yang dimiliki oleh Asuransi Syariah terbaik ini, diantaranya seperti  perlindungan untuk kesehatan, perawatan akibat kecelakaan, kebakaran dan lain-lain.

Selain menggunakan sistem cashless payment pada pembayarannya, Syariah Astra juga telah bermitra dengan lebih dari 900 rumah sakit di Indonesia.

4. BNI Life

Asuransi Syariah terbaik berikutnya adalah BNI Life, yang semua produknya dapat digunakan untuk pribadi maupun perusahaan.

Selain produk Wadiah Cendekia, Investa Plus, dan Multi Investa, BNI Life juga menyediakan dua produk lainnya. Yaitu, Health Plan Syariah dan Pembiayaan Jiwa Syariah.

5. Manulife

Manulife adalah Asuransi Syariah terbaik, yang cukup dikenal akan kecepatan layanan klaimnya, karena menerapkan sistem cashless dan reimbursement yang mudah.

Produk Asuransi Syariah bebas riba dari Manulife yang paling populer, adalah Berkah Healthcare dan Manulife Berkah Medicare Plus.

Semua produk tersebut, memberikan pertanggungan dan perlindungan untuk kesehatan, perawatan rumah sakit dan  kecelakaan.

6. Prudential Syariah

Prudential merupakan perusahaan asuransi besar sudah sangat terkenal. Tidak hanya terdepan dalam asuransi konvensionalnya, 

Prudential juga sudah merambah ke asuransi Syariah. 

PRUSyariah, saat ini sudah memiliki 15 produk Asuransi syariah terbaik, yang salah satu contohnya adalah PRUcrisis Cover Syariah.

Selain itu, produk lainnya adalah PRUlink Term Syariah, PRUmultiple Crisis Cover Syariah, PRUwaiver Syariah, dan PRUjuvenille Syariah Crisis Cover.

7. Allianz Syariah

Allianz adalah pemain veteran di pasar asuransi internasional. Dan saat ini, Allianz juga telah berhasil menjadi Asuransi Syariah Terbaik bebas riba di Indonesia.

Sistem Syariah yang digunakan oleh Allianz, adalah cashless dan reimbursement yang cukup mudah klaim pengembaliannya. 

Adapun produk dari Asuransi Syariah yang dimiliki, diantaranya adalah Allisya Care untuk kesehatan, dan Allisya Protection  untuk jiwa. 

Namun, selain itu juga ada jenis lainnya, seperti mobil, rumah dan yang lainnya.

8. Sunlife

Selain memiliki Asuransi Syariah terbaik bernama Sun Medical Platinum. 

Disamping itu, Sunlife juga memiliki produk asuransi yang memberikan proteksi perawatan terhadap efek samping kemoterapi dan terapi pemulihan nya.

9. FWD Life

FWD Life adalah perusahaan, yang menawarkan produk asuransi tanpa riba bernama Asuransi Syariah Bebas Handal. 

Asuransi Syariah terbaik ini menggunakan sistem cashless, dan dapat dibeli melalui situsnya.

10. Panin Syariah

Bank Panin, pernah mendapatkan gelar sebagai Asuransi Syariah terbaik untuk produknya, dalam kurun waktu 2014 hingga 2017 berturut-turut. 

Penghargaan tersebut, didapat dari Majalah Investor. 

Akad Dalam Asuransi Syariah

Sistem dalam Asuransi Syariah, selalu  menggunakan sistem akad Islam, yang akan membuatnya terhindar dari riba.

Berikut adalah beberapa akad, yang menjadi dasar dalam perjanjian Asuransi Syariah

Akad Tabarru - yaitu transaksi yang terjadi, atas dasar saling tolong menolong dan melindungi sesama untuk kebaikan tanpa mengharapkan keuntungan.

Akad Tijarah - merupakan perjanjian, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis.

Akad Wakalah Bil Ujrah - merupakan perjanjian antara penyedia dan peserta asuransi, dimana kondisinya, peserta memberikan kuasa dan pembayaran kepada penyedia.

Akad Mudharabah - yaitu suatu perjanjian bagi hasil, antara peserta dan penyedia asuransi.

Berbeda dengan Asuransi Konvensional, Asuransi Syariah terbaik selalu menjalankan sistemnya sesuai dengan Syariat Islam. 

Dan memiliki Asuransi Syariah, tentunya akan memiliki keuntungan tersendiri. 

Diantaranya adalah, transparan dalam pengelolaan dana, bebas riba, dan memiliki alokasi dana yang pasti.

Demikianlah ulasan tentang Asuransi Syariah terbaik yang bebas riba. Semoga dapat menjadi informasi bermanfaat, bagi yang membutuhkannya.

Selamat berasuransi!

#asuransi #asuransisyariah #syariah #terbaik #bebasriba #investasi #tabungan
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url