Cara Menabung Paling Efektif, Untuk Penghasilan Dibawah 2 juta

Cara Menabung Paling Efektif, Untuk Penghasilan Dibawah 2 juta

Goinvestasi.id - Banyak yang menyimpulkan, bahwa memiliki penghasilan dibawah 2 juta akan sulit menabung.

Meskipun tidak sepenuhnya salah, namun faktanya masih banyak orang yang bisa mematahkan pola pikir tersebut.

Banyak sekali cara menabung paling efektif yang dapat diterapkan. Bahkan, terbilang sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hanya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan, dan mengatur pemasukan dengan seksama, cara tersebut dapat menjadi tabungan di masa depan.

Strategi Cara Menabung Paling Efektif

Berikut adalah beberapa strategi cara menabung yang paling efektif, untuk yang berpenghasilan dibawah 2 juta.

1. Rajin Menyimpan Uang Receh

Jika selama ini uang receh dianggap sebagai suatu hal yang sepele, mulailah merubah mindset tersebut.

Pasalnya, rajin menyimpan uang receh adalah strategi paling sederhana dan tidak memberatkan, untuk mulai melakukan kebiasaan menabung. 

Dibalik kesederhanaan tersebut, terbukti dapat membuat orang  dengan penghasilan dibawah 2 juta mampu membeli smartphone hingga kendaraan bermotor.

Cara menabung paling efektif ini, dapat dimulai dengan mengumpulkan uang receh di celengan. Biarkan hingga penuh, sebelum akhirnya dapat dipindahkan ke Bank. 

2. Buka Beberapa Rekening Tabungan

Membuka beberapa rekening tabungan pada bank berbeda, termasuk sebagai cara menabung paling efektif, untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu.

Salah satu rekening, dapat berfungsi sebagai tabungan pokok, dari dana penghasilan yang telah disisihkan. Pilihlah juga, jenis rekening yang tidak mengenakan biaya administrasi.

Dan untuk tabungan ini, sebaiknya tidak perlu membuat kartu ATM, agar pengeluaran dapat tetap terkontrol setiap bulannya. 

Sedangkan rekening yang lain, dapat dikondisikan untuk pengeluaran bulanan. Dan jika ada sisa, dapat digunakan untuk belanja, namun tetap sesuai dengan kemampuan.

Tanamkan selalu dalam pikiran, bahwa dana yang dimiliki hanyalah yang terdapat di rekening pengeluaran. Hal ini dapat membantu melatih disiplin, untuk dapat hidup hemat.

Selain itu, hindari transfer dana antar bank, agar tidak terkena potongan biaya administrasi. Tidak ada salahnya, jika sesekali mengambil uang tabungan dan menyetornya lewat bank.

3. Menyisihkan Sebagian Penghasilan Walaupun Dengan Nominal Paling Kecil

Menyisihkan sebagian penghasilan walaupun tidak besar setiap bulannya, juga merupakan strategi cara menabung paling efektif.

Mulailah dengan nominal Rp.10.000 per bulan, atau bisa juga kurang dari nilai tersebut. Sesuaikan saja, dengan pengeluaran yang harus dibayarkan.

Seandainya tidak ada pengeluaran besar, maka nominal yang disisihkan bisa lebih besar dari Rp.10.000. Tapi bila tidak mencukupi, sisihkan saja kurang dari nilai tersebut.

Yang terpenting adalah, jika hal ini menjadi kebiasaan, maka hasilnya akan dapat dirasakan di kemudian hari.

4. Merencanakan Target Pribadi Untuk Pengeluaran

Cara menabung paling efektif berikutnya adalah merencanakan target untuk pengeluaran pribadi, yaitu tidak menghabiskan 30% - 50% dari penghasilan pokok.

Selain memiliki dua jenis rekening tabungan untuk kepentingan yang berbeda, sebaiknya tetapkan juga nominalnya untuk dana tabungan.

Besarnya  nominal dapat disesuaikan dengan penghasilan dalam satu bulan. Berikut, adalah contoh simulasi sederhana yang dapat digunakan.

 Penghasilan per bulan: Rp. 1.500.000

Target dana tabungan: 30% x Rp. 1.500.000 = Rp. 450.000

Jumlah tabungan terkumpul dalam setahun: 12 x Rp. 450.000 = Rp. 5.400.000

 5. Mengikuti Asuransi Atau Investasi

Mengikuti asuransi maupun investasi, juga termasuk cara menabung paling efektif, meskipun untuk penghasilan dibawah 2 juta.

Salah satu contoh yang paling mudah adalah dengan membeli dalam bentuk investasi emas maupun reksadana. Kedua investasi tersebut dapat dilakukan, dari pecahan Rp. 5000 saja.

Selain memiliki resiko yang kecil, jika disimpan untuk jangka panjang, nilainya akan terus bertambah. Dan yang terpenting, akan ada tabungan untuk masa depan.

Namun jika penghasilan mencukupi, investasi dapat dialokasikan dalam bentuk asuransi kesehatan. Selain dapat menabung, asuransi ini juga dapat melindungi ketika sakit.

Pilih saja premi yang tidak terlalu mahal, jika memang ingin memilih jenis tabungan dalam bentuk asuransi kesehatan. Berikut adalah simulasi perhitungan secara sederhana.

Angsuran asuransi per bulan Rp. 200.000

Pertumbuhan dalam 5 tahun : Rp. 200.000 x 60 bulan = Rp. 12.000.000

6. Mengikuti Arisan Bersama Teman Dan Keluarga

Mengikuti arisan bersama teman dan keluarga, bisa juga menjadi strategi untuk menabung, yang telah terbukti cukup efektif. 

Sebaiknya, pastikan dulu besaran biaya yang akan dibutuhkan, dan dengan perhitungan seperti berikut ini sebagai contoh.

Biaya arisan per bulan: Rp. 100.000

Perhitungan dalam 5 bulan:  5 x Rp 100.000 = Rp. 500.000

Perhitungan dalam 12 bulan: 12 x Rp 100.000 = Rp 1.200.000

7. Sebaiknya Tidak Menggunakan Kartu ATM dan Kartu Kredit

Tidak menggunakan kartu ATM dan kartu kredit, telah terbukti sebagai salah satu dari cara menabung paling efektif.

Khususnya kartu kredit, yang nilai kerugiannya lebih besar dari keuntungan yang didapat. Memiliki kartu kredit, umumnya juga akan selalu mendorong untuk berbelanja.

Dengan penghasilan dibawah 2 juta, hal tersebut dapat memberatkan. Terutama, saat tagihan mulai datang setiap bulan, disertai dengan bunga harian yang membengkak.

8. Gunakan Penawaran Potongan Harga

Meskipun ada saatnya harus hidup hemat dan menabung untuk masa depan, selalu ada cara untuk memanjakan diri.

Strateginya adalah, dengan cara mendapatkan potongan harga maupun penawaran hemat kantong lainnya. Baik hanya untuk sekedar merasakan makan enak, atau berbelanja di mall.

Dalam hal ini, skala prioritas sangat penting dilakukan, untuk dapat mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Selain itu, alokasi penghasilan juga menjadi lebih terarah.

Penutup

Cara menabung paling efektif, terbukti dapat dilakukan dengan banyak cara, termasuk untuk yang memiliki penghasilan dibawah 2 juta.

Tidak ada salahnya membiasakan diri untuk selalu menyimpan nota pengeluaran dan pemasukan sebagai buku kas.

Memang terlihat tidak mudah di awal, namun dapat memberikan manfaat besar dalam hal pengendalian diri dan disiplin keuangan.

#tabungan #caramenabung #investasi #asuransi #investasiemas #reksadana

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url