6 Cara Menjadi Importir Kosmetik Korea

6 Cara Menjadi Importir Kosmetik Korea

Goinvestasi.id - Semakin maraknya bisnis kosmetik Korea di Indonesia, pada akhirnya ikut membuka peluang usaha terhadap banyak orang.

Khususnya, bagi pelaku usaha yang masih pemula, dan memiliki minat untuk berdagang produk kecantikan Korea. Salah satunya, adalah profesi menjadi seorang importir.

Selain itu, profesi ini juga dapat menghasilkan profit yang cukup besar.Karena, banyak sekali produk kosmetik Korea yang berpotensi untuk diimpor.

Pergantian trend kosmetik yang tergolong cepat, juga dapat menjadi pemicu untuk mendapatkan profit berlipat ganda bagi para importir.

Tahapan 6 Cara Menjadi Importir Kosmetik Korea

Berikut ini, adalah beberapa tahapan yang dapat dipelajari, sebagai cara untuk menjadi seorang importir kosmetik yang handal.

1. Mencari Market Yang Ingin Dituju

Salah satu cara menjadi importir kosmetik Korea yang sukses, adalah mencari sasaran market nya terlebih dahulu.

Dalam hal ini, beberapa hal yang harus dianalisa, misalnya seperti faktor demografi seperti usia, gender, dan wilayah pemasarannya. 

Selain itu, juga perlu diperhatikan akan pola kebiasaan dari pasar tersebut. Contohnya seperti mengenali kebutuhan produk yang dicari, serta mengetahui cara memasarkannya.

Pengertian sederhana dari tahapan ini adalah, bahwa produk kosmetik Korea yang akan ditawarkan, adalah solusi dari yang dicari oleh market.

2. Melakukan Kerjasama Dengan Supplier Yang Memiliki Kredibilitas Baik

Sebagai tahapan kedua dari cara menjadi menjadi importir kosmetik Korea yang sukses, adalah mencari supplier dengan kredibilitas baik.

Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah, mengingat adanya keterbatasan dalam melakukan pengontrolan terhadap kerja supplier.  

Selain itu, bekerjasama dengan supplier yang baik, akan berkaitan dengan kualitas produk kosmetik Korea yang akan didapat.

Pasalnya, permasalah tersebut dapat merugikan seorang importir. Terutama, dalam hal pendanaan yang sudah ditetapkan jumlahnya.

3. Melakukan Tes Pasar

Melakukan tes pada pasar kosmetik Korea sangatlah penting, untuk mengetahui seberapa banyak minat pembeli terhadap produk baru.

Banyak sekali importir muda yang melakukan kesalahan, karena membeli produk yang terlalu banyak, tanpa melakukan tes pasar di awal.

Apabila kosmetik yang dites dalam jumlah kecil kurang mendapatkan respon, pertimbangkan untuk menggantinya dengan produk yang lebih banyak dicari.

Meskipun terlihat sangat merepotkan, namun tahapan ini merupakan salah satu kunci menjadi importir yang sukses.

4. Mengunci Market

Setelah kosmetik Korea yang dijual mendapat respon yang baik, tahapan selanjutnya adalah mengunci market tersebut. 

Tujuannya, untuk menjaga agar market yang sudah berhasil didapat tidak berpindah ke  kompetitor atau pesaing bisnis.

Beberapa cara efektif untuk dapat melakukan hal tersebut adalah, seperti menawarkan membership, diskon harga, free ongkir, dan lain sebagainya.

Selain itu, memberikan pelayanan yang baik, juga dapat menjadi cara efektif untuk mengunci market yang dituju.

Jika market telah terkunci, maka harga yang sedikit mahal tidak akan lagi menjadi masalah bagi para pelanggan.

5. Terus Berkembang Dengan Mengikuti Perkembangan Zaman

Cara lain menjadi importir kosmetik Korea yang berhasil, adalah selalu mengikuti perkembangan zaman. 

Karena hal itu, akan membuat importir juga akan ikut terus berkembang dan berevolusi tanpa ada batas waktu. Khususnya, ketika importir harus selalu  mengetahui  trend terbaru.

Semakin cepat importir mengetahui trend produk yang banyak dicari, maka semakin besar pundi-pundi keuntungan akan terkumpul.

6. Melakukan Promosi

Tahapan yang tidak kalah penting untuk menjadi importir kosmetik  yang handal, adalah melakukan kegiatan promosi.

Aktivitas ini termasuk efektif, apalagi jika market telah berhasil dikunci. Cara nya pun bisa bermacam-macam.

Jika ingin mendapatkan market yang baru, dapat menggunakan bantuan platform media sosial untuk melakukan promosi.

Media sosial juga tidak hanya dapat berguna untuk melakukan promosi, tapi juga menyebarkan berbagai informasi.

Misalnya, seperti informasi produk terbaru, berita terkini, undangan event yang akan diadakan, dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya.

Penutup

Cara menjadi importir kosmetik Korea memang tidak mudah. Terkadang, bisa membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menjadi sukses. 

Namun ingatlah, bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Silahkan ikuti tahapan dan prosesnya, untuk menjadi sukses pada akhirnya. Selamat mencoba!

#kosmetikkorea #importirkosmetikkorea


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url