Sabtu, 03 September 2022

8 Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2022

8 Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2022

Goinvestasi.id - Bagi pengusaha online, e-commerce maupun website official, Payment Gateway adalah solusi terbaik dalam penyediaan jasa teknologi keuangan.

Adapun peran dari Payment Gateway sendiri, merupakan jembatan antara pengusaha tersebut, dengan sistem pembayaran yang dipilih oleh pembeli.

Daftar Payment Gateway terbaik 2022 dalam artikel ini, dapat membuat berbagai transaksi belanja online menjadi semakin mudah dan aman.

Rekomendasi 8 Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2022

Beberapa dari Payment Gateway berikut ini, adalah daftar yang dapat menjadi rekomendasi terbaik di tahun 2022. 

1. Faspay

Daftar Payment Gateway terbaik di Indonesia ini, sudah berdiri sejak tahun 2011, dan telah bermitra dengan bank, e-wallet hingga e-commerce.

Dan sejak awal tahun 2022, Faspay sudah menambahkan produk andalannya, yang berupa:

Faspay Business

Faspay Business dapat memudahkan berbagai transaksi online, dalam melakukan transfer maupun menerima pembayaran. 

Faspay Billing

Faspay Billing, lebih berfungsi sebagai layanan untuk penagihan.

Faspay SendMe

Fastpay SendMe, memberikan layanan kepada merchant, untuk melakukan transfer dana non pembayaran kepada mitra kerjanya.

 Faspay Dana Usaha

Faspay Dana Usaha, merupakan layanan merchant, jika membutuhkan pinjaman dana dari merchant Faspay yang lain.

2. Finpay

Finpay merupakan Payment Gateway terbaik, yang dimiliki oleh PT. Telkom Indonesia sejak tahun 2006. Dan hingga saat ini, sudah banyak bekerjasama dengan berbagai perusahaan.

Bahkan tidak hanya perusahaan online di Indonesia, tapi juga dengan institusi keuangan yang di luar negeri, untuk kemudahan transfer dana.

Dan karena dimiliki oleh institusi BUMN, membuat Finpay memiliki wewenang dalam hal pengawasan distribusi keuangan Pendapatan Asli Daerah.

3. Doku

Doku merupakan penyedia Payment Gateway terbaik, dan juga tertua di Indonesia, karena telah berdiri sejak 2007.

Payment Gateway ini, dapat mengakomodir berbagai jenis metode pembayaran. Baik itu berupa transfer antar bank, debit, kredit, hingga virtual account Bank Syariah Indonesia. 

Selain itu, Doku juga memiliki fitur modern, seperti split settlement. Hal ini sangatlah memudahkan, untuk mengirimkan pembayaran ke beberapa merchant sekaligus. 

4. Bayarind

Salah satu dari daftar Payment Gateway terbaik di Indonesia berikutnya adalah Bayarind, yang telah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia.

Kelebihan lain dari Payment Gateway ini adalah, memiliki dompet digital serta aplikasi kasir sendiri. Sehingga, setiap merchant dapat lebih mudah mengintegrasikan berbagai transaksi.

5. Brankas

Brankas merupakan Payment Gateway, yang masuk dalam kategori terbaik di tahun 2022. Tidak hanya dapat melayani pasar Indonesia, tapi hingga ke Asia Tenggara. 

Kelebihan lain dari Brankas adalah, dapat menerima maupun melakukan transfer ke banyak Bank di Indonesia, Thailand dan Filipina. 

Sehingga, seluruh transaksi online dapat dilakukan dengan lebih mudah, khususnya yang terjadi di ketiga negara tersebut.

6. Cashlez

Payment Gateway terbaik di Indonesia berikutnya adalah Cashlez,  yang didirikan oleh PT. Cashlez Worldwide Indonesia. 

Cashlez juga memiliki Payment Gateway, yang sudah terintegrasi dengan sistem kasir perusahaan nya. Sehingga, transaksi keuangan pun dapat dilakukan secara lebih efektif.

7. Xendit

Xendit merupakan salah satu dari daftar Payment Gateway, yang telah berdiri sejak 2014. Dan beberapa dari merchant nya, adalah Lazada dan Allianz.  

Produk yang ditawarkan oleh Payment Gateway ini, yaitu berupa transaksi pembayaran, manajemen toko hingga operasional bisnisnya. 

Selain itu, keunggulan lain Xendit adalah, dapat melakukan pengiriman dana secara masal, dengan cara mengunggah data yang diterima melalui excel.

8. Midtrans

Midtrans adalah Payment Gateway terbaik dan terbesar di Indonesia. Saat berdiri di tahun  2012, jasa layanan keuangan ini masih bernama Veritrans.

Namun sejak 2016 telah diakuisisi oleh GoJek, hingga dapat melayani berbagai transaksi keuangan dari e-wallet seperti GoPay, OVO, Bank, dll.

Hingga tahun 2022 ini, Payment Gateway ini, telah melayani sekitar 500 ribu mitra kerja seperti Bibit, Moka dan lain sebagainya.

Manfaat Payment Gateway

Bagi pengusaha online yang belum mengetahui manfaat dari Payment Gateway, berikut adalah keterangannya

  • Penjual maupun pembeli, tidak perlu memiliki maupun menggunakan e-wallet dan rekening bank saat melakukan pembayaran. 
  • Pembeli akan mendapatkan bukti transfer secara otomatis.
  • Data transaksi dapat memberikan laporan secara otomatis. 
  • Rekonsiliasi dengan berbagai Bank menjadi lebih mudah. 
  • Meminimalisir terjadinya kesalahan, saat melakukan proses pembayaran.

Mekanisme Payment Gateway

Jika belum mengetahui mekanisme atau cara kerja dari Payment Gateway, berikut adalah penjelasannya.

  • Setelah pembeli selesai memilih layanan maupun barang yang akan dibeli melalui e-commerce, maka saat check out akan memilih metode pembayaran. 
  • Kemudian, Input data pembayaran untuk melanjutkan proses checkout.
  • Lakukan pembayaran, sesuai dengan informasi yang tampil dari Payment Gateway.
  • Selanjutnya, Payment gateway akan meneruskan informasi terkait pembayaran, melalui prosesor pembayaran Bank maupun yang lainnya.
  • Setelah menerima permintaan pembayaran tersebut, Bank maupun institusi keuangan lainnya, akan memproses transaksi dan melakukan verifikasi.
  • Informasi balasan, akan dikirim melalui prosesor pembayaran yang sama, dengan menggunakan kode khusus.
  • Setelah itu, prosesor pembayaran akan mengirimkan hasil transaksi melalui Payment Gateway kembali, untuk diteruskan ke setiap merchant.

Demikianlah, 8 Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2022, yang dapat menjadi pilihan, saat melakukan pembayaran secara online. Semoga bermanfaat!

#paymentgateway #e-commerce #pembayaranonline #belanjaonline

0 Comment

Posting Komentar