Selasa, 20 September 2022

6 Bisnis Kuliner Modal Kecil Trending 2022, Dengan Strategi Pemasaran




Goinvestasi.id - Untuk membuat bisnis kuliner modal kecil menjadi sukses, ternyata tidak cukup hanya dengan mengandalkan kelezatan rasanya.

Kecerdasan dalam melakukan strategi pemasaran, serta memanfaatkan trend terkini yang sedang ramai dipasaran juga mutlak diperlukan. 

Peluang bisnis kuliner di Indonesia, hingga saat ini masih memiliki market yang besar. Berdasarkan riset, jumlahnya akan terus meningkat hingga beberapa tahun kedepan.

Bisnis Kuliner Modal Kecil

Ingin memulai bisnis kuliner dengan strategi pemasaran yang tepat dan modal kecil, berikut adalah penjelasannya.

1. Frozen Masakan Rumahan 

Bisnis kuliner modal kecil ini, mulai booming sejak pandemi berlangsung. Namun ketika roda bisnis kembali berputar, banyak orang yang malah tidak memiliki waktu lagi untuk memasak.

Meski begitu, masakan dengan menu yang sehat tetaplah dibutuhkan. Melihat kebutuhan tersebut, akhirnya membuka peluang usaha untuk membuat frozen masakan rumahan.

Ide bisnis ini mudah dijalankan, yaitu hanya perlu mengemas masakan yang dibuat dalam keadaan beku. Dan untuk menyantapnya, hanya perlu dipanaskan sebentar.

Jika ingin menjual banyak hidangan, sebaiknya kelompokan dahulu berdasarkan ukuran kemasannya, seperti kecil, sedang dan besar.

Strategi pemasaran lainnya yang terbilang cukup efektif, yaitu dengan memasarkannya secara online. Baik melalui official website sendiri, maupun e-commerce.

Jangan lupa untuk menyediakan katalog produk, lengkap dengan harga beserta ukurannya. Sehingga, lebih memudahkan pembeli dalam memilih.

2. Cireng Frozen

Cireng Frozen, merupakan salah satu bisnis kuliner modal kecil, yang paling trending di tahun 2022. Cemilan yang populer dengan rasa gurihnya ini, dapat menjadi ide usaha makanan yang menguntungkan. 

Selain sedang naik daun, makanan ini juga mudah menjualnya. Untuk strategi pemasaran, dapat menggunakan media sosial, dengan menyertakan link website maupun marketplace.

Kelebihan lain dalam menggunakan link website bisnis, salah satunya dapat ditampilkan pada Bio Instagram, Facebook dan juga e-commerce.

Bedakan konten dari website dengan media sosial. Karena umumnya, media sosial lebih efektif untuk kepentingan banding dan promosi. 

Meski tetap dapat dimanfaatkan untuk jualan, sifatnya lebih kepada perorangan. Sehingga, kurang efektif untuk penjualan partai besar.

Berjualan dengan menggunakan website memiliki banyak keuntungan. Terutama, jika berencana ingin mengembangkan bisnis melalui sistem kemitraan reseller, agen, dll.

Bagian dari konten website sendiri dapat berupa informasi mengenai cara pendaftaran, peraturan yang berlaku, dan berbagai tata cara lainnya.

3. Makaroni Pedas

Sama halnya dengan Cireng Frozen, Makaroni Pedas juga merupakan bisnis kuliner modal kecil, yang hits dan laris di tahun ini. 

Strategi pemasarannya juga sama seperti Cireng Frozen. Selain melalui platform media sosial dan marketplace, bisa juga dengan memanfaatkan website.

Setelah usaha semakin lancar, maka peluang baru pun akan semakin terbuka. Salah satu caranya, bekerjasama dengan para reseller, retailer, agen, dll.

Semakin banyak memiliki partner kerja, artinya semakin banyak pelanggan yang akan memberikan keuntungan. Artinya, usaha modal kecil akan beranjak menjadi besar.

4. Frozen Cimol Keju 

Frozen Cimol Keju adalah Cimol keju leleh yang dibekukan, dan dihidangkan dengan serbuk pedas, asin, gurih dan manis.

Cemilan yang dibuat dengan modal kecil ini masih trending hingga sekarang. Selain karena rasanya, banyak influencer yang juga ikut mempromosikan melalui instagram pribadi. 

Tidak heran, jika akhirnya banyak yang terinspirasi berjualan Frozen Cimol Keju, meskipun tanpa menggunakan jasa influencer. 

Cukup dengan cara memanfaatkan Micro Influencer Instagram, yang followernya mencapai 10.000, dan tingkat engagement promosi hingga 82 persen. 

Jangan lupa juga, untuk menampilkan testimoni dari para pelanggan, dan simpan dalam bentuk highlight story instagram.

5. Aneka Sambal Rumahan

Sambal dapat menjadi bisnis kuliner yang potensial, meski hanya membutuhkan modal kecil dalam pembuatan dan produksinya.

Kemasan yang biasa digunakan, adalah dalam bentuk toples kecil maupun botol kaca dengan berbagai ukuran.

Sedangkan strategi pemasarannya, bisa dengan menggunakan Instagram TV, Video, Facebook, dan juga marketplace.

6. Rice Box

Karena banyaknya orang yang membutuhkan makanan dengan kemasan praktis. Maka Rice Box dapat menjadi alternatif pilihan.

Untuk isian Rice Box yang paling laris dan trending, diantaranya seperti Chicken Sambal Matah, Salted Egg, dan masih banyak lagi.

Bisnis kuliner modal kecil ini, kebanyakan dijual melalui ojek online dan brosur online yang terdapat di official website.

Penutup

Siapa yang menyangka, bahwa makanan dapat menjadi bisnis kuliner modal kecil yang menguntungkan. Baik berupa masakan rumahan, makanan beku hingga cemilan kekinian.

Selama strategi pemasarannya dilakukan dengan tepat dan benar, maka hasil yang didapat pun akan menjadi lebih maksimal.

Demikianlah, ulasan seputar Bisnis Kuliner Modal Kecil Trending 2022, Dengan Strategi Pemasaran yang jitu. Semoga bermanfaat!


Gambar Utama Photo by Shutterstock

#bisniskuliner #usahakuliner #pemasaran

0 Comment

Posting Komentar