Sabtu, 03 September 2022

12 Cara Jitu Mengembangkan Bisnis UMKM Secara Online

12 Cara Jitu Mengembangkan Bisnis UMKM Secara Online

Goinvestasi.id - Banyak cara jitu mengembangkan bisnis UMKM. Salah satu strateginya yaitu secara online, meskipun tetap memiliki toko offline.

UMKM atau Usaha Kecil Menengah, merupakan bisnis kecil, yang profit maksimalnya adalah sekitar Rp. 200 juta an. Sedangkan jumlah pekerjanya, antara 5 - 20 karyawan.

Bisnis UMKM  beroperasi secara mandiri, namun bisa dimiliki oleh kelompok maupun individu. Selain itu, bisnis ini juga bekerja dalam skala yang kecil.

Cara Jitu Mengembangkan Bisnis UMKM

Mengembangkan bisnis kecil secara online, bisa menjadi strategi yang cukup efektif. Pasalnya, cara ini dapat mempercepat pertumbuhan usaha dengan efisien dan murah.

Khususnya bagi pengusaha mikro setara UMKM dan UKM yang memiliki modal dan aset yang jauh lebih kecil dari perusahaan besar. 

Bisnis mikro ini juga harus lebih seksama dalam mengelola pengeluarannya, agar roda usahanya dapat bertahan dan terus berkembang. 

Kita lihat, beberapa cara yang efektif, untuk mengembangkan bisnis kecil lewat cara online:

1. Optimalkan SEO 

Agar website maupun toko online dapat muncul di halaman satu pencarian, maka melakukan optimasi SEO adalah wajib hukumnya.

Lakukan riset kata kunci, yang membuat para konsumen bisa mendapatkan barang yang dicari melalui website dan toko online Anda.

2. Membuat Blog

Rajin membuat blog yang bermanfaat bagi orang banyak, merupakan strategi yang paling mudah untuk dilakukan. Karena konten yang menarik, dapat mengundang konsumen.

Tidak hanya dapat mendatangkan traffic dari SEO, tapi juga untuk membangun reputasi UMKM yang sedang dipromosikan.

3. Branding Lewat Instagram

Melakukan branding lewat Instagram, ternyata dapat menjadi cara jitu mengembangkan bisnis UMKM. Tidak hanya membangun brand, Instagram juga dapat menjadi etalase online.

Cukup dengan rajin memposting produk serta informasi seputar layanan usaha dengan cara yang kreatif, ternyata dapat mengundang banyak audience.

Namun, sebaiknya tidak menggunakan Instagram pribadi, agar terlihat lebih profesional di mata konsumen. Buatlah Instagram dengan profil bisnis yang menarik sebagai perkenalan.

4. Memanfaatkan Grup Facebook

Memanfaatkan grup Facebook untuk kepentingan promosi usaha, dapat menjadi cara efektif dan gratis untuk mengembangkan bisnis secara online.

Namun sebaiknya tetap memastikan, target marketnya maupun komunitas yang diundang, sesuai dengan produknya.

5. Buat Halaman Khusus Penggemar di Facebook

Tidak ada salahnya untuk membuat halaman khusus Penggemar di Facebook, yang fungsinya sebagai tempat untuk mencari informasi. 

Layanan ini dapat menjadi pusat informasi bagi para konsumen, jika membutuhkan informasi. Tidak hanya mengenai, produk tapi juga perusahaan, dan lain - lain.

6. Membuat Profil Bisnis Lewat Google

Membuat profil bisnis lewat Google merupakan bagian dari optimasi pencarian. Memperkenalkan usaha dengan cara ini juga dapat menguntungkan perusahaan. 

Google My Business menawarkan banyak fasilitas, untuk memperkenalkan usaha UMKM yang sedang dirintis kepada konsumen.

Melalui profil ini, seluruh informasi yang terkait bisnis dapat dipromosikan. Mulai dari nama usaha, lokasi, alamat email, jam operasional, website, telepon, hingga review konsumen.

7. Buat YouTube Channel

Cara jitu mengembangkan bisnis UMKM secara online, juga dapat dilakukan dengan membuat YouTube Channel.

Selain karena kepopuleran YouTube sudah mengalahkan program TV, video juga dapat menjadi media digital yang efektif untuk promosi produk.

8. Manfaatkan Profil LinkedIn

UMKM yang sifatnya Business to Business atau B2B, tidak ada salahnya memanfaatkan platform Linkdin untuk mengembangkan usaha.

Pengguna Linkdin yang mayoritas adalah profesional, dapat menjadi target market baru bagi produk dan jasa yang ingin dipromosikan.

9. Gunakan Marketplace

Marketplace dapat berguna sebagai ajang untuk promosi dan pemasaran produk yang lebih cepat dibandingkan toko offline.

Dengan jumlah audience dan traffic yang begitu besar, membuat platform online ini menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

10. Kenali Pesaing 

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing usaha, juga merupakan cara jitu untuk mengembangkan bisnis. Baik itu UMKM, maupun usaha lainnya.

Semua hal tersebut dapat bermanfaat, untuk mengetahui faktor apa saja yang perlu diperbaiki dan dikembangkan. Sehingga, produk yang dijual tetap bisa bersaing dengan kompetitor.

11. Mencari Investor 

Cara jitu yang lain untuk mengembangkan bisnis, adalah dengan mencari investor yang bersedia untuk menanamkan modal.

Bagi UMKM yang performa bisnisnya sudah stabil dan siap untuk membuka cabang maupun usaha baru, cara ini dapat menjadi solusi.

12. Optimalkan Layanan Pelanggan

Tidak hanya sekedar memperluas pasar, mempertahankan konsumen yang sudah menjadi pelanggan tetap juga perlu dioptimalkan.


Penutup

Hubungan yang baik antara konsumen dengan pemilik usaha, juga dapat mengembangkan bisnis dengan lebih cepat. Pasalnya, konsumen yang loyal bisa mendatangkan konsumen baru.

Cara Jitu Mengembangkan Bisnis UMKM Secara Online, hanyalah adalah salah satu cara untuk menjadi pengusaha yang sukses. Namun hal itu tidak dapat terjadi secara instan. 

Akan ada proses belajar, serta komitmen dan ketekunan untuk menjalaninya. Tapi jika berhasil, artinya Anda sudah mendapatkan kemandirian dalam hal finansial.

Selamat berbisnis!


#umkm  #bisnisonline #bisnisumkm #pengembanganbisnis #ukm

0 Comment

Posting Komentar