Sabtu, 03 September 2022

10 Aplikasi UMKM Terbaik Untuk Pengusaha Pemula

10 Aplikasi UMKM Terbaik Untuk Pengusaha Pemula

Goinvestasi.id - Bagi pengusaha pemula yang belum lama membangun usaha kecil, tentunya akan membutuhkan aplikasi UMKM terbaik.

Pasalnya, semua aplikasi tersebut dapat membantu dalam hal pembuatan dan pengaturan rencana pemasaran, keuangan, inventaris, pajak, dll.

Selain itu, aplikasi untuk pengusaha pemula ini, akan mempermudah proses jalannya aktivitas bisnis saat pertama kali beroperasi.

Daftar Aplikasi UMKM Terbaik Untuk Pengusaha Pemula

Berikut adalah daftar aplikasi UMKM, khususnya bagi pengusaha pemula yang masih membutuhkan informasi untuk mengembangkan bisnisnya.

1. Desain Produk

Aplikasi UMKM terbaik yang satu ini wajib dimiliki oleh pengusaha pemula, karena dapat membuat desain produk jualnya menjadi lebih menarik. 

Dengan menggunakan Aplikasi Desain Produk, pengusaha dapat membuat konsep marketing yang unik, dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain itu, template desain nya juga dapat dibuat untuk membuat thumbnail media sosial, logo hingga kartu nama. Sedangkan salah satu jenis dari aplikasi ini adalah Canva.

2. Penghitung Pajak

Sebagai seorang pengusaha, pembayaran pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Dengan menggunakan aplikasi penghitung pajak, tentunya dapat memudahkan. 

Selain melakukan import data transaksi pajak, aplikasi ini juga dapat melakukan kegiatan hutang maupun setoran keuangan.

Aplikasi berbasis digital ini, dapat menyelesaikan seluruh ketentuan yang berhubungan dengan  pajak, karena telah bekerjasama dengan Dirjen Pajak

Mesin Penghitung Pajak resmi yang dapat digunakan di Indonesia, yaitu Aplikasi e-filling dengan basis android.

3. Kasir

Aplikasi kasir merupakan salah satu yang sering digunakan oleh pengusaha UMKM yang masih pemula, atau yang baru membuka cabang.

Selain dapat memudahkan proses transaksi, bisa juga digunakan untuk pengelolaan keuangan, inventori, karyawan, pelanggan, karyawan hingga usaha.

Salah satu dari aplikasi terbaik UMKM ini adalah Majoo, yang tidak hanya bisa menerima pembayaran elektronik, tapi juga informasi bisnis.

4. Manajemen Keuangan

Aplikasi UMKM terbaik dengan basis pelayanan untuk manajemen ini, sangat dibutuhkan oleh pengusaha pemula. 

Pasalnya, aplikasi ini sangat berguna untuk memantau kondisi perusahaan, aktivitas keuangan, penjualan, pembayaran, hingga penghitungan profit perusahaan.

Kelebihan lain dari Aplikasi Manajemen Keuangan, dapat setting untuk melakukan pembayaran gaji karyawan.

Untuk Aplikasi Manajemen Keuangan yang sering digunakan untuk pengusaha UMKM, diantaranya adalah Money Lover, UangKu, dll.

5. Marketplace

Berikutnya adalah marketplace, yang dapat digunakan untuk upload seluruh barang dagangan, sehingga dapat dijual dengan lebih cepat.

Pada dasarnya, aplikasi UMKM terbaik ini, dapat membuat proses pemasaran menjadi lebih  mudah dan efisien dalam pelaksanaannya. 

Beberapa marketplace besar di tanah air saat ini, diantaranya adalah Shopee, Blibli, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dll. 

6. Pengelola Customer (CRM)

Customer merupakan faktor penting dalam suatu usaha, agar menjadi lebih cepat berkembang, dan juga dalam hal pencapaian target penjualan.

Sehingga, sangat penting untuk dapat mengetahui kebutuhan setiap customer. Oleh karena hal tersebut, maka penggunaan Aplikasi Pengelola Customer wajib digunakan.

Beberapa jenis Aplikasi Pengelola Customer, diantaranya adalah HubSpot, Contact Constant, Pipedrive, Green Rope, Freshsales, dll.

7. Pengelola Media Sosial

Di era digital ini, sudah banyak pengusaha yang menggunakan media sosial untuk kepentingan bisnisnya. Dalam hal ini, termasuk juga pengusaha UMKM.

Baik itu berupa aktivitas promosi, penjualan online, mendapatkan target market yang baru, hingga melakukan analisis perdagangan.

Kelebihan lain dari Aplikasi Pengelola Media Sosial ini adalah, memiliki data yang cukup akurat untuk pengembangan bisnis.

Adapun beberapa contoh dari Aplikasi Pengelola Media Sosial terbaik untuk pengusaha pemula ini, diantaranya seperti Hootsuite, Buffer, dll.

8. Aplikasi Pencatat

Aplikasi UMKM terbaik untuk pengusaha pemula ini, dapat berfungsi untuk melakukan berbagai pencatatan penting.

Selain dapat mencatat berbagai ide tanpa perlu susah untuk menyimpannya, kelebihan lainnya, yaitu bisa menyimpan catatan dalam cloud storage.

Untuk saat ini, Aplikasi Pencatat yang cukup populer di kalangan UMKM adalah, Evernote, OneNote, Bear Notes, Simplenote, dll.

9. QRIS

Bagi pengusaha yang ingin merasakan kemudahan dalam melakukan pembayaran dari berbagai bank, maka aplikasi QRIS adalah solusinya.

Transaksi  pembayaran ini menggunakan QR Code, yang aman dan juga cepat prosesnya.. Aplikasi UMKM terbaik ini, dapat menjalankan transaksi tanpa mengenal tempat dan waktu.

Beberapa contoh dari aplikasi e-wallet yang sudah menggunakan QRIS, yaitu Gopay, OVO, Dana dan masih banyak lagi lainnya.

10. Media Sosial

Penggunaan Media Sosial untuk kepentingan bisnis, bukanlah suatu hal baru di era digital ini. Tidak hanya perusahaan besar, tapi juga hingga sekelas UMKM.

Aktivitas digital marketing juga akan lebih efektif, jika menggunakan platform media sosial untuk proses promosi dan  pemasaran. 

Jumlah pengguna media sosial yang sangat besar, membuat perusahan dapat menjangkau target market baru dengan lebih cepat dan mudah.

Platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengusaha UMKM saat ini, yaitu Instagram, Facebook, TikTok, dll

Demikianlah, ulasan seputar Aplikasi UMKM Terbaik, yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan kinerja para pengusaha pemula. Semoga bermanfaat!

#UMKM #aplikasiUMKM #aplikasi

0 Comment

Posting Komentar