Rabu, 21 September 2022

12 Ide Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Desain Grafis




Goinvestasi.id - Ide bisnis yang menguntungkan, salah satunya bisa didapatkan dari profesi desain grafis. Membangun bisnis ini tidak sulit, selama dilakukan dengan benar.

Selain itu, jasa desain grafis pun termasuk yang banyak dicari saat ini. Melihat peluang bisnis yang menjanjikan tersebut, membuat profesi ini akan semakin besar.

Bagi yang memiliki profesi desain grafis dan ingin mencoba untuk membuka usaha, ikuti  artikel ini untuk mendapatkan informasinya. 

Rekomendasi 12 Ide Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Desain Grafis

Berikut adalah ide bisnis desain grafis, yang bisa dijalankan untuk mendapatkan profit besar.

1. Desain Website

Membuat desain website, adalah salah satu ide bisnis yang menguntungkan bagi seorang desain grafis profesional. 

Selain skill tersebut, perlu juga memiliki pengetahuan dasar seputar pengetahuan mengenai HTML, CSS serta pengkodean lainnya. 

2. Jasa Desain Online

Ide bisnis lainnya dari seorang desain grafis, yaitu dengan cara menjual jasa desain melalui beberapa platform online.

Tidak hanya media sosial, tapi juga Fiverr, Upwork, Sribulancer, Freelancer, Upwork dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis ini bisa menguntungkan, terbukti dari banyaknya jasa desain grafis yang bisa menghasilkan pendapatan besar dari jasa desain online.

3. Kursus Desain Grafis

Seorang desainer juga bisa membuka kursus desain grafis, sebagai ide bisnis yang menguntungkan lainnya. 

Mekanismenya sendiri, dapat dilakukan secara kelompok maupun privat. Namun untuk melakukan usaha ini, sebaiknya juga memiliki skill untuk mengajar.

4. Print On Demand

Print on demand adalah salah satu dari ide bisnis yang banyak dicari saat ini, khususnya bagi seorang desain grafis. 

Untuk mekanisme kerjanya, yaitu dengan cara memasarkan berbagai desain unik untuk dicetak dalam bentuk kaos, kerta, gelas, dll.

5. Desain Buku Anak

Ide bisnis yang menguntungkan lainnya adalah membuat desain buku anak, seperti buku cerita, komik, dan lain - lain.

Dengan sedikit berimajinasi ala anak - anak, maka karakter yang akan dibuat pun dapat dituangkan dalam bentuk desain grafis.

6. Program Kartun

Membuat program kartun untuk tayangkan tv maupun perusahaan game, tentunya bisa menjadi ide bisnis kreatif yang menguntungkan.

Selain menghasilkan uang dari program kartun, soft copy nya pun dapat dijual untuk buku cerita anak - anak yang inovatif.

7. Meliput Video 

Salah satu ide bisnis yang juga bisa menguntungkan untuk desain grafis adalah, yaitu membuat jasa liputan video dan montage.

Contohnya, seperti meliput acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan lain sebagainya. Pekerjaan yang satu ini sedang banyak dicari, dan cukup populer saat ini. 

8. Editing Video 

Usaha editing video, saat ini sudah dapat menjadi ide bisnis  yang menguntungkan untuk para desain grafis.

Sebaiknya juga mempelajari, beberapa keterampilan dasar mengenai hal yang berhubungan dengan editing video, agar lebih mudah dalam pengerjaannya.

9. Percetakan 

Bisnis percetakan bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan, khususnya bagi seorang desain grafis.

Tidak ada salahnya menggunakan mesin cetak paling standar terlebih dahulu, mengingat harganya yang cukup mahal. Sehingga, permodalannya tidak akan terlalu besar.

10. Jasa Desain Paket Kemasan

Banyak pengusaha di Indonesia, yang menggunakan jasa desain grafis untuk membuat paket kemasan dengan tujuan branding.

Jadi tidak heran jika membuka jasa desain paket kemasan, dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan untuk para desain grafis.

11. Menjual Kartu Ucapan

Menjual kartu ucapan, adalah salah satu ide bisnis yang tidak hanya kreatif, tapi juga menguntungkan untuk para desain grafis.

Lingkup kerjanya adalah menciptakan desain kartu ucapan, hingga mencetaknya dengan berbagai tema dan kebutuhan. 

Jika tidak ingin repot - repot menjualnya sendiri, bisa menggandeng banyak distributor sebagai partner usaha. Untuk pembagian keuntungannya, bisa bagi hasil atau beli putus.

12. Jual Font

Ide bisnis desain grafis yang terakhir, yaitu menjual berbagai desain font, melalui situs website yang menawarkan jasa penjualan tersebut.

Usaha yang menguntungkan ini layak dicoba, karena sudah banyak website yang dapat menerima font hasil karya desainer kreatif.


Demikianlah, sedikit ulasan mengenai 12 Ide Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Desain Grafis. Semoga bermanfaat, bagi para desainer yang tertarik untuk membuka usaha sendiri.


#idebisnis #desaingrafis #bisnis


0 Comment

Posting Komentar